Since 1978

Tentang kami

Assalamu alaikum Wr. Wb.            

Selamat Datang di Madrasah Tsanawiyah Rumah Pendidikan Islam (MTs. RPI)

Welcome to Islamic Secondary School of RPI      

Student Today Leader Tomorrow 

Madrasah Tsanawiyah (SLTP bernuansa agama) yang tetap eksis di kawasan perekonomian Segi Tiga Emas Kuningan Jakarta dengan sistem pendidikan yang inovatif dan fasilitas yang modern. 

 


Gedung Sekolah
Foto Guru

Profile

Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah RPI 

Alamat : Jl. HR. Rasuna Said Kav. X2-2 Kuningan Timur 

          Jakarta Selatan 12950 Telp. (021) 52963551


1. Nama dan Alamat Yayasan / Penyelenggara Sekolah

YAYASAN RUMAH PENDIDIKAN ISLAM

2. NSS / NSM : 1212 3174 0044

3. N P S N : 20178272

4. Jenjang Akreditasi : A ( Sangat Baik )

5. Tahun Berdiri : 1978

6. Tahun Beroperasi : 1978

7. Status Tanah : Wakaf

a. Surat Kepemilikan Tanah         : Sertifikat

b. Luas Tanah         : 4.631 m2

8. Status Bangunan : Milik Sendiri

Surat Izin Mendirikan Bangunan : No. 11962/IMB/2008


Sejarah RPI

Sejarah berdirinya RPI tidak terlepas dari seorang tokoh ulama Betawi yang berwawasan ke depan dan luas yaitu K.H. Abdusy Syakur Chairy. Beliau lahir pada bulan Agustus 1920 di Wilayah Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Ketika pada tahun 1931 beliau dikirim belajar ke Tanah suci meski umumnya baru sebelas tahun. Ia menghabiskan waktu selama selama sebelas tahun dan menamatkan pendidikan di Madrasah Darul Uluum, disamping mengaji secara halaqah di Masjidil Haram.

Sekembalinya ke tanah air, Abdusy Syakur mulai mengabdikan dirinya kepada masyarakat dengan mengajar anak-anak remaja, kaum Ibu dan kaum Bapak di Musholla Al Choir yang dibangun kakeknya.

Tahun 1945, Kyai Abdusy Syakur bersama K.H. Ali Syibromalisi dan K.H. Abdur Rozaq Ma’mun diutus sebagai wakil ulama Jakarta untuk menghadiri Kongres Ulama di Surabaya.

Tahun 1959, ia mencurahkan perhatiannya pada pengajian di Musholla Al Choir yang sementara itu juga mengalami kemajuan dalam jumlah murid. Karena tuntutan kemajuan dan semakin banyaknya jama’ah, dirombaklah Musholla Al Choir menjadi masjid yang kemudian diberi nama Daarul Muqorobien. Nama itu atas usul Habib Ali bin Husein Alatas yang populer dipanggil Habib Ali Bungur. Sholat Jum’at pertama di masjid tersebut di imami oleh Habib Ali.

Seiring semakin pesatnya pengajian tersebut maka K.H. Abdusy Syakur Chairy merasakan perlu berdirinya lembaga pendidikan yang formal. Maka pada tahun 1959 berdirinya Daarut Tarbiyatil Islamiyyah atau diIndonesiakan menjadi Rumah Pendidikan Islam ( RPI ). Pendidikan formal yang ada bermula berawal dari Madrasah Ibtidaiyah dan selanjutya Mu’allimin ( Pendidikan Guru Agama 6 Tahun ). 

Pada tahun 1979 ada kebijakan dari pemerintah melalui Kanwil Departemen Agama DKI Jakarta bahwa Mu’allimin (PGAP-PGAA) dipusatkan di Pondok Pinang, sedangkan Mu’allimin yang lainnya berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah termasuk RPI. 

Sejak itulah alumni MTs. RPI sesuai dengan kualitasnya banyak yang melanjutkan pendidikan yang Sekolah Lanjutan Atas (Madrasah Aliyah, SMA, SMK/SMEA) Negeri & Swasta unggulan bahkan ada yang melanjutkan ke luar negeri terutama Timur Tengah.

Para alumni banyak yang berkiprah di masyarakat sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing, misalnya ulama, pendidik/guru, dokter, wartawan, broadcasting, pengusaha dan profesi lainnya termasuk di instansi pemerintahan.


Tujuan dan Sasaran

  • Menghasilkan pencapaian standar isi (kurikulum) meliputi: program-program pengembangan kurikulum nasional, penyusunan SK, KD, Silabus, RPP, dan Indikator – indikatornya.
  • Menghasilkan pencapaian standar proses pembelajaran meliputi: model atau metode pembelajaran dan strategi pembelajaran berbasis ICT serta proses pembelajaran inovatif dan bermakna.
  • Menghasilkan pencapaian standar kompetensi kelulusan meliputi: pengembangan program SKL, perluasan dan pendalaman cakupan SKL nasional, dan dokumen SKL yang lengkap.
  • Menghasilkan pencapaian standar pendidik dan kependidikan meliputi: SDM yang kompeten dan berkualifikasi pendidik serta jumlahnya yang sesuai tuntutan.
  • Menghasilkan pencapaian standar sarana dan prasarana meliputi: pengembangan fasilitas madrasah berstandar nasional, terpenuhinya fasilitas pokok dan fasilitas pendukung berstandar nasional/
  • Menghasilkan pencapaian standar pengelolaan meliputi: model-model manajemen sesuai MBS.
  • Menghasilkan pencapaian standar pembiayaan meliputi: sumber-sumber pembiayaan penyelenggaraan pendidikan dan penggalangan dana berstandar nasional per-anak per-tahun.
  • Menghasilkan pencapaian standar penilaian meliputi: standar penilaian dalam berbagai bidang pelajaran, model penilaian sesuai tuntutan kurikulum dan dokumen penilaian berstandar nasional.

VISI & MISI

V I S I

Adapun indikator untuk mencapai visi tersebut adalah sebagai berikut:


1. Tertinggi dalam prestasi akademis dan non akademis.

2. Penerapan disiplin tinggi terhadap civitas akademis.

3. Pengoptimalan dan pemberdayaan sarana dan pra-sarana.

4. Penerapan nilai religi dalam setiap pemikiran & aktiviitas civitas akademis

M I S I

MTs. RPI Kuningan Timur Jakarta Selatan, memiliki misi sebagai berikut :


1. Menyeleksi siswa baru secara optimal dan melaksanakan pembelajaran yang efektif, inovatif, comfortable dengan metode yang variatif dan menyenangkan.

2. Membentuk tim monitoring dan evaluasi pelaksanaan program madrasah.

3. Melengkapi berbagai sarana yang up to date secara continue/ berkesinambungan. 

4. Menumbuhkembangkan akhlaq mulia dalam berfikir dan berprilaku sehingga tercipta suasana madrasah yang islami, modern, dan asri.